Hyper Region

Definisi
Hyper region adalah wilayah di mana semua frontier disk (tidak termasuk disk tepi) di sekitarnya adalah satu warna. Hal ini dikatakan sebagai hyper region untuk warna itu yang memungkinkan untuk menjamah disk lawan jika pemain membuat hyper region yang tidak bisa membuat lawan mendapatkan access untuk flip disk ke wilayah tersebut.
Seperti region biasa, hyper region juga dapat diklasifikasikan sebagai even (genap) ataupun odd (ganjil).

Image:Hyper region 1.JPG
Dalam contoh ini ada empat region, masing-masing ditanda idengan warna yang berbeda.
Tiga di antaranya adalah hyper region (merah, hijau dan biru). Daerah kuning bukan hyper region.
Hijau dan merah adalah hyper region putih, sedangkan biru merupakan hyper region hitam.
Ada dua odd hyper region (biru dan hijau), dan satu even hyper region (merah).


Strategi
Setiap pemain hanya mampu menciptakan hyper region dengan warna mereka sendiri. Seorang pemain yang menciptakan sebuah hyper region tidak memiliki akses ke wilayah tersebut, dan tidak dapat bergerak ke dalamnya. Ini berarti lawan mereka harus:
§  Membuat langkah pertama di hyper region, atau
§  Flip setidaknya satu frontier disk hingga region ini tidak lagi disebut hyper region.


Even hyper regions
Even hyper region seringkali dimanfaatkan untuk mendapatkan parity dalam suatu region. Berhubung lawan harus membuat langkah pertama ke region tersebut, hal ini akan membuat odd region.
Image:From_scratch_17.JPG
Dalam game ini hingga sekarang belum terjadi pass, maka normalnya sekarang adalah langkah untuk disk hitam.
Akan tetapi, hitam menciptakan even hyper region, dan pada akhirnya hitam harus pass karena tidak ada langkah yang dapat dilakukan.
Putih terpaksa untuk melangkah, dan hitam memenangkan parity di region tersebut.
Membuat even hyper region tidak selalu menjamin disk tersebut mendapatkan parity. Dengan region yang memiliki 4 kotak kosong atau lebih, untuk mendapatkannya memungkinkan jika menggunakan taktik yang dinamakan feeding.


Odd hyper regions
Odd hyper regions dapat memberikan player lain mengambil alih parity, karena mereka membuat manipulasi pass move ke area tersebut.
For example:
Image:Hyper region 2.JPG
Sekarang langkah untuk putih.
Hitam memiliki keunggulan dikarenakan hyper region putih (ditandai warna biru).
Image:Hyper region 3.PNG
Dengan menunggu permainan hingga akhir, hitam mendapatkan parity di setiap region dan memenangkan pertandingan.