Access

Seorang pemain dikatakan memiliki access ke kotak jika yang kotak itu adalah langkah yang legal bagi mereka.
Menurut aturan permainan, untuk memiliki access ke sebuah kotak:
  • kotak harus kosong
  • Langkah ini harus flip setidaknya satu dari disk lawan.
    Tetapi untuk hal ini kemungkinan:
    1. Kotak harus dalam kontak dengan satu atau lebih dari (frontier) disk
    2. Harus ada garis terputus ke arah salah satu disk perbatasan.
    (Dengan kata lain, lawan tidak memiliki control line setidaknya satu arah.)
Berikut ini adalah cara yang paling efisien untuk menentukan pemain yang bergerak memiliki access.
Contoh:








Giliran hitam untuk bermain








Tidak ada akses ke kotak yang sudah ditempati oleh disk.
Menurut gambar 1. akses hanya ada ke kotak yang berkontak dengan frontier disk.
Oleh karena itu hanya ada akses ke kotak yang ditandai dengan warna biru.








Harus ada kontak dengan setidaknya dengan satu disk
yang berwarna berlawanan.
Ini berarti tidak ada akses ke kotak merah.








Sekarang lihat di field secara terpisah.
Garis ditarik mulai dari kotak melewati disk putih yang berkontakan. Dalam diagram, ini telah dilakukan untuk dua kotak merah.
Jika setidaknya salah satu garis terputus, maka Anda memiliki access ke kotak itu.
Jika tidak ada garis yang terputus (dengan kata lain putik mengontrol semua barisnya) maka Anda tidak memiliki akses ke kotak itu.
Kotak ini telah ditandai dengan warna merah.



Hasil akhirnya adalah hitam memiliki acces ke kotak yang ditandai dengan warna biru.







---

Acces dan general strategy


Banyaknya jumlah yang anda Anda miliki untuk access (dibandingkan dengan lawan Anda) digambarkan sebagai mobility. Mobility yang lebih besar merupakan keuntungan, pilihan bergerak lebih berarti kontrol lebih besar untuk permainan yang mematikan. Memiliki kontrol permainan biasanya memungkinkan Anda untuk memaksa memenangkan permainan.
Kriteria memiliki access untuk bergerak:
  1. Hal ini umumnya lebih baik jika frontier disk lawan banyak dan Anda lebih sedikit.
  2. Kadang-kadang solid edge dapat digunakan untuk mengontrol dan untuk mencegah access lawan dalam satu pergerakan set.
Untuk detail lebih lanjut mengenai konsep-konsep ini, baca artikel mobility.

---

Access dan line control

Line control dapat digunakan (biasanya sebagai tindakan sementara) untuk mencegah access pergerakan penting lawan kita.

Sebuah strategi yang dikenal sebagai checkerboarding umumnya digunakan dalam pembukaan. Hal ini bergantung pada line control untuk menyangkal pergerakan quiet moves lawan dan central moves.

Access dapat menjadi sangat penting dalam Endgame.
Diagonal control dapat memungkinkan Anda untuk bermain ke arah X-Square tanpa memberikan akses lawan ke sudut.
Swindles bergantung pada lawan Anda yang tidak memiliki langkah balasan.
Access (atau kurangnya access) ke odd region dapat menentukan pemain yang akan memenangkan parity.