Parity


Parity adalah strategi untuk bergerak pada akhir pertandingan di suatu wilayah.
Anda dikatakan telah memenangkan parity di kawasan jika Anda yakin untuk memainkan langkah terakhir di sana.
Parity umumnya dipegang putih pada awal permainan, karena jumlah kuadrat di papan. Parity dapat membalikan posisi permainan dan keuntungan parity didapat tergantung pada adanya atau bahkan berapa jumlah pass game yang telah dibuat.

Parity digunakan untuk dua alasan:

Dalam Endgame, langkah terakhir saat bermain di suatu daerah yang sulit (bukan mustahil) untuk membalik disk dalam langkah yang harus dibalik kembali oleh lawan. Hasil bagi sering bergantung pada hal ini.
Bermain langkah terakhir di suatu daerah sampai lawan harus mulai melakukan langkah ke wilayah baru. Misalnya, digunakan untuk memaksa agar lawan mengakui parity di beberapa daerah.

Saat menggunakan disk hitam, Suekuni cukup sering berhasil dalam perangkap klasik: Putih berkekuatan untuk menyertakan dirinya ke odd region. Mencegah putih dari bermain  di suatu wilayah dan memaksa putih untuk bermain di daerah lain sebelum hitam bermain di daerah odd region sendiri. Jika wilayah ini adalah yang terakhir dimainkan maka putih akan dipaksa untuk lolos dan hitam akan mendapatkan langkah terakhir dari permainan.