Mobility

Definisi

Mobility adalah ukuran umum jumlah pergerakan pemain. Biasanya dinyatakan sebagai 'High' jika ada banyak pergerakan tersedia atau 'low' jika hanya ada beberapa yang tersedia.
Mobility seorang pemain yang baik bertambah ketika secara dramatis mobilitasnya hanya bisa melakukan langkah bunuh diri.
Jika putih memiliki 2 peningkatan mobility, anda tidak dapat mengatakan ia memiliki 2 mobility yang lebih dari hitam.

Rata-rata selama midgame mobility untuk kedua pemain adalah 10 langkah. (Dengan asumsi bahwa kedua pemain berpengalaman.)

---

George Ortiz pernah bilang pada sebuah koran Federasi Australia, OZthello pada tahun 1996."Tahap pembukaan Othello dapat digambarkan sebagai pertempuran "untuk mobility" yang sering disebut optimasi mobility tiap pemain di tiap giliran. Untuk memiliki mobility yang lebih besar (pergerakan ergerak lebih banyak) dari lawan salah satu cara idealnya harus berusaha meningkatkan mobility sendiri sekaligus mengurangi mobility lawan. Jika satu pemain dapat mengatur untuk mengurangi mobility lawan ke nol (atau mendekati nol) maka pemain akan dapat "memaksa" lawannya untuk membuat gerakan yang tidak diinginkan dan menindaklanjuti dengan menang mudah. Dalam kasus apapun, mobility yang lebih besar di mid-game yang paling sering diartikan sebagai posisi menang dalam Endgame.

Tapi apakah bisa konsep teoritis diterapkan dalam praktik?

Salah satu teknik yang sangat kuat adalah teknik 'evaporation'. Teknik ini terdiri dari teknik untuk memaksa lawan flip disk sebanyak mungkin, dalam upaya untuk bermain cepat dan bergerak aman (sambil memastikan Anda tidak berada di bawah risiko wipe-out!). Untuk berhasil memaksa 'evaporation' Anda harus selalu bermain di daerah di mana lawan telah memiliki access sekaligus menjaga disk Anda dalam tetap dalam rangkaian disk yang saling terhubung (metode ini kadang-kadang disebut sebagai "curling into a ball"). Meskipun teknik ini dapat memberikan hasil yang dramatis sangat tidak mungkin anda akan mampu menerapkan itu kecuali anda sedang bermain dengan pemula. Memang teknik ini membutuhkan jumlah yang wajar dari lawan yang membuat banyak "bad moves" dimana lawan banyak flip frontier disk.
Untuk menjelaskan teknik sedikit lebih standar optimasi mobility kita perlu mendefinisikan konsep kunci dalam strategi opening, the quiet move.

Karena sifat aturan Othello, bergerak membuat anda cenderung untuk meningkatkan mobility lawan dan mengurangi sendiri (tiba-tiba ada disc lebih bagi lawan untuk flip dan kurang untuk diri sendiri). Namun ada satu jenis tindakan yang tidak mengikuti tren ini yaitu  quiet move.

Ketika tidak ada pergerakan untuk membuat pemain ingin memainkan quiet move guna mempertahankan mobility mereka (tidak meningkatkannya, ataupun menguranginya. Ini adalah ide yang baik untuk selalu menyimpan quiet move sebagai langkah cadangan. Oleh karena itu pemain harus selalu mencoba untuk "set-up" quiet move baru dalam tahap pembukaan dengan prinsip yang sama mencoba untuk mengurangi quiet move lawan. "

---

Membatasi Mobility dalam opening

Salah satu cara dasar untuk membatasi mobility lawan Anda adalah menetapkan langkah sederhana atau tenang yang akan terbuka untuk lawan Anda pada giliran berikutnya dengan tujuan hanya untuk menghapus kemungkinan dengan kepindahan Anda. Hal ini dapat ditunjukkan ketika mempertimbangkan beberapa opening book yang sering dimainkan oleh pemain kuat.
Pertimbangkan posisi yang ditunjukkan pada Gambar 1,0

Gambar 1,0


Gambar 1,0 menunjukkan posisi yang diperoleh dari Tiger Opening (C4, e3, F5, E6, F6, C5) setelah 6 langkah.

Balasan khas yang dimainkan oleh hitam dari posisi ini adalah:
Stephenson (C3)
Leaders Tiger (D3)
Tiger (F4)
Brightwell (D6)






Semua memiliki satu tujuan utama yakni untuk menghapus ancaman putih bermain di D6 pada langkah selanjutnya. Dengan menghapus salah satu disk putih di D4 atau dalam kasus Brightwell, yang bergerak sendiri mengambil D6.
Hal ini ditunjukkan di bawah ini.






















Namun opening ini menghasilkan hasil yang berbeda dalam hal mobility.

Opening setelah
7 moves
Banyak langkah
putih
Banyak langkah
hitam
Stephenson
7
12
Leaders tiger
5
10
Tiger
5
10
Brightwell
8
8

Jika diinginkan untuk meningkatkan margin antara jumlah langkah yang Anda miliki dan jumlah pergerakan lawan, maka dalam skenario ini, akan terlihat bahwa Brighwell adalah inferior, dan ada sedikit perbedaan antara 3 lainnya. Namun ini hanya nilai-nilai untuk mobility pada satu tahap permainan. Mobility akan mengubah dari pindah ke bergerak. Oleh karena itu tidak akurat memindahkan/menganggap benar semata-mata berdasarkan keuntungan jangka pendek dalam mobility. Mobility sebagai pemahamannya adalah tujuan jangka panjang, dimana Anda cenderung ke arah posisi yang memaksa lawan untuk membuat langkah pengorbanan (sacirfice / bad move).

---

Membatasi mobility lebih dari satu baris

Hal ini mungkin dalam beberapa kasus untuk membatasi mobility lawan Anda dengan menghapus lebih dari satu potensi 'baik' untuk langkah selanjutnya. Sebagai contoh, kelanjutan dari Tiger (C4, e3, F6, E6, F5, C5, F4, G5, G6, F3) mengarah pada posisi yang ditunjukkan pada Gambar 2,0

Gambar 2.0 + 2,1









































Putih mengancam dua langkah di D3 dan G4. Walaupun mungkin pada awalnya tidak terlihat seperti tidak dalam posisi baik, Hitam sebenarnya ada kemampuan untuk menghapus kedua gerakan dengan bermain F7. Jika hitam hanya terfokus pada salah satu pergerakan, maka putih akan masuk ke dalam posisi yang dapat mengambil keuntungan dari langkah lain.

---

Memaksa lawan untuk membatasi / mobility-nya sendiri

Gambar 3,0 - 3,2 menunjukkan bagaimana memaksa lawan untuk mengurangi mobility mereka sendiri. Dengan ancama akan pindah ke E8. Dalam posisi ini putih memiliki dua pilihan: menderita hilangnya, sudut A8 atau bermain F8 tapi mengorbankan mobility. Hal ini karena disk putih pada F2 'severly poisoning' putih pindah ke F8, memaksa putih untuk membuat wall.

Gambar 3.0, 3.1 + 3.2




























































---
Menjaga mobility Anda

Seperti penjelasan di atas cara termudah untuk menjaga mobility Anda adalah memilih untuk quiet move pada saat yang sama, hal ini juga diperlukan dengan membatasi mobility lawan Anda. Saat menemukan sebuah quiet move hal ini tidak akan memberikan tambahan untuk gerakan lawan serta tidak mengganggu langkah lain yang mungkin Anda miliki di daerah lain.

Namun dalam beberapa keadaan hal itu diinginkan untuk membuat gerakan sulit agar mendapatkan access ke bidang-bidang kunci (langkah baik) lain. Ini juga memiliki implikasi ketika mencoba untuk membatasi mobility lawan Anda.
Contoh ini adalah salah satu favorit saya pada saat menulis, (dan mungkin konyol karena dalam posting ini begitu banyak orang mengabaikan baris yang benar - tetapi hey, ini untuk mendidik)
Saya tidak terlalu yakin dengan nama yang tepat untuk opening yang baik (mungkin seseorang dapat membantu saya di sini!)! 

Tidak lepas dari spesifik yang tepat dari pembukaan, mari kita konsentrasi pada posisi yang diperoleh setelah 11 langkah (C4, e3, F6, E6, F5, G4, G5, C5, c3, c6, D6). Gambar 4,0 menunjukkan posisi ini, [hitam baru saja bermain] D6, dan membatasi pilihan-pilihan yang putih punya. Enam langkah untuk hitam hitam (12 tepatnya). Dari pergerakan yang putih miliki, tidak satupun dari mereka tampaknya melakukan quiet move.
Jadi bagaimana kita menentukan di mana langkah yang paling tepat?

Pertama mari kita pertimbangkan salah satu prinsip yang dijelaskan di atas, membatasi mobility lawan Anda. Cobalah untuk menentukan dimana lawan mungkin akan melangkah jika mereka mempertimbangkan posisi ini. Dalam hal ini kemungkinan besar Hitam seperti akan pindah ke D3. Itu tidak memberikan putih banyak pilihan dan hitam tetap berada di tengah biji-biji putih.
Jadi mempertimbangkan langkah ini untuk menghapus hitam. Putih secepatnya dapat menyingkirkan untuk mengambil langkah sendiri, karena tidak memiliki access. Hanya menyisakan G6 dan H1 sebagai pilihan. G6 jelas harus merupakan pilihan yang buruk menciptakan wall dan membatasi mobility putih di selatan. Di sisi lain H1, meskipun bergerak sulit setidaknya menciptakan tiga hal:

- Hal ini meningkatkan mobility putih 6 hingga 11
- Bertujuan mencegah hitam bergerak di D3
- Memberikan access putih pada D3.

Hal ini ditunjukkan pada Gambar 4.1.

Gambar 4,0 + 4,1






































Oleh karena itu, pergerakan yang sulit tidak dapat diabaikan sebagai potensi untuk meningkatkan mobility. Infact banyak pemain baru setelah masa lalu maksimisasi sebagai tahap strategi, berakhir di fase baru yang mana mereka bergerak kecil tanpa mempertimbangkan mobility, bentuk atau posisi. ini membuat mereka menjadi mudah kehabisan gerak di midgame.

---

Menahan edge (tepi) di midgame dan mobility

Selama midgame memegang edge dapat membuat sangat sulit untuk mempertahankan mobility yang layak. Hal ini karena langkah yang Anda lakukan hanya memungkinkan flip ke beberapa arah, tepi lebih Anda pegang, makin sulit Anda mungkin bergerak. Berikut adalah aspek yang saya dapatkan pada ketika saya pertama kali belajar bermain Othello dan saat lawan memainkan tingkat yang sama saya sering berakhir di posisi yang mirip dengan Gambar 5,0

Gambar 5,0



















Bergerak hanya di pusat (minus kuadrat x) dan tidak ada potongan yang dimainkan di pinggir hingga terpaksa.
Jangan katakan ini adalah strategi yang benar, dalam kenyataan itu mungkin sekali salah. Meskipun Anda dapat mendorong lawan untuk mengambil bagian tepi banyak pada awal Anda akan cenderung untuk dapat memaksa lawan untuk membuat bergerak sulit di midgame tersebut. Namun Anda rentan ke teknik yang dikenal sebagai 'edge grabbing'dan menjalankan risiko kehabisan gerakan sendiri.
Kebanyakan game yang saya anggap baik yaitu dimana kedua pemain menahan tepi yang adil. diperoleh dari kombinasi dari edge grabbing dan egde avoidance.